Rabu, 09 November 2016

PENGANTAR BISNIS


1.a) Marketing mix merupakan alat bagi pemasar yang terdiri atas berbagai unsure program pemasaran yang perlu dipertimbangkan agar strategi pemasaran yang ditetapkan dapat berjalan sukses.
Marketing mix pada produk barang yang kita kenal selama ini berbeda dengan produk jasa. Marketing mix pada produk jasa mencakup 4P (Product, Price, Place, Promotion). Sedangkan untuk jasa keempat hal tersebut dirasa masih kurang mencukupi. Untuk produk jasa ditambah lagi 3 unsur yaitu People, Process, Physical Environment. Semua unsure-unsur ini saling mempengaruhi satu sama lain sehingga bila salah satu tidak tepat pengorganisasiannya akan mempengaruhi strategi pemasaran secara keseluruhan.
   b) 7 P itu :
1. Product
  Merupakan bentuk penawaran yang ditujukan untuk mencapai tujuan melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Produk disini bisa berupa apa saja (baik yang berwujud fisik maupun tidak) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan potensial untuk.memenuhi kebutuhan dan keinginan tertentu.
   Produk merupakan semua yang ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diperoleh dan digunakan atau dikonsumsi untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan. 
   Pengembangan suatu produk harus didasari oleh pertimbangan adanya pembagian produk sebagai berikut :
        a. Produk Inti (Core Product).
Dalam hal ini harus diketahui apa sebenarnya yang dibutuhkan konsumen. Setiap produk tentu punya manfaat dan cirri-ciri tertentu. Penjual harus dapat menjual manfaat tersebut.
        b. Produk Berwujud (Tangible Product).
Perusahaan harus berusaha merubah produk inti menjadi produk berwujud.
        c. Produk Tambahan (Argumented Product)
Perusahaan harus dapat menawarkan manfaat dan pelayanan tambahan.

2. Price
   Harga menggambarkan besarnya rupiah yang harus dikeluarkan seorang konsumen untuk memperoleh satu buah produk dan hendaknya harga akan dapat terjangkau oleh konsumen.
  Bauran harga berkenaan dengan kebijakan strategis dan taktis seperti tingkat harga, struktur diskon, syarat pembayaran dan tingkat diskriminasi harga diantara berbagai kelompok pelanggan.
   Faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga :
a. Harga produk sejenis atau produk pengganti dari para pesaing.
b. Kemampuan membeli dari masyarakat.
c. Jangka waktu perputaran dana.
d. Peraturan pemerintah.

3. Place
    Merupakan keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para pelanggan. Tempat dimana produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi dan outlet yang memungkinkan konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk.
    Saluran distribusi yang dapat dipilih :
a. Penjual langsung
b. Agen
c. Waralaba

4. Promotion
   Bauran promosi meliputi berbagai metode, yaitu Iklan, Promosi Penjualan, Penjualan Tatap Muka dan Hubungan Masyarakat. Menggambarkan berbagai macam cara yang ditempuh perusahaan dalam rangka menjual produk ke konsumen.

5. People
     Jenis kualitas orang yang akan terlibat dalam pemberian jasa. Untuk mencapai kualitas terbaik maka pegawai harus dilatih untuk menyadari pentingnya pekerjaan mereka, yaitu memberikan konsumen kepuasan dalam memenuhi kebutuhannya.
     Dalam hal ini dibagi menjadi 2 aspek:
1. Service personal: orang-orang yang melakukan produksi dan operasional dalam organisasi jasa
2. Customer (hubungan diantara pelanggan)à persepsi pelanggan mengenai kualitas jasa tersebut dibentuk dan dipengaruhi oleh pelanggan lainnya.

6. Process
   Elemen ini merupakan suatu usaha perusahaan dalam menjalankan dan melaksanakan aktivitasnya dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya.

7. Physical Environmet
       Unsur-unsur yang termasuk dalam phsyical evidence adalah lingkungan fisik dan fasilitas-fasilitas lainnyayang menunjang untuk menyediakan jasa tersebut yang dapat mempengaruhi penilaian pelanggan terhadap barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan.



c)  Menurut saya, marketing mix itu untuk semua barang, karena marketing mix ini digunakan oleh sebuah perusahaan untuk yang namanya promosi atau mengenalkan produk kepada konsumen dan perusahaan dapat mendapatkan pencapaian yang di inginkan.
       
   2.  Perusahaan yang mampu bertahan dan berkembang adalah perusahaan yang mengacu kepada strategi orientas pasar. Orientasi pasar merupakan suatu keharusan, jadikanlah orientasi pasar sebagai budaya pada perusahaan. Hal ini akan mengakibatkan terciptanya : kinerja bisnis yang tinggi, nilai pelanggan yang superior, profitabilitas jangka panjang dan keunggulan daya saing perusahaan.

     Contoh dari perusahaan yang menggunakan orientasi pasar adalah carrefour.

     Manfaatnya untuk produsen dalam jangka panjang adalah mencapai kesuksesaan yang bahkan dapat membuat perusahaan lebih unggul dari perusahaan lain, mendapatkan kepercayaan lebih dari masyarakat.


        Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok pada waktu tertentu dan tempat tertentu.
Promosi adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran produk barang atau jasa yang dipasarkannya.
Barang adalah sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, pembelian, pemakaian, atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan

Pendapat saya mengapa masalah harga dapat memberikan dorongan bagi produsen untuk membuat barang, dan pengaruh harga bagi konsumen dalam melakukan pembelian adalah dengan diketahuinya faktor harga mempunyai pengaruh yang dominan terhadap perilaku konsumen dalam pembelian barang, maka hal ini mencerminkan bahwa faktor harga merupakan faktor yang sangat menentukan dalam pembelian suatu barang. Bertitik tolak dari dari hasil tersebut, pengusaha hendaknya dalam menaikkan harga, harus sangat dipertimbangkan akibatnya, karena adanya persaingan ketat antara pengusaha- pengusaha yang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas 2 manajemen SDM

https://youtu.be/2qsoVW2fLhA