1.a) Marketing
mix merupakan alat bagi pemasar yang terdiri atas berbagai unsure program
pemasaran yang perlu dipertimbangkan agar strategi pemasaran yang ditetapkan
dapat berjalan sukses.
Marketing
mix pada produk barang yang kita kenal selama ini berbeda dengan produk jasa.
Marketing mix pada produk jasa mencakup 4P (Product, Price, Place, Promotion).
Sedangkan untuk jasa keempat hal tersebut dirasa masih kurang mencukupi. Untuk
produk jasa ditambah lagi 3 unsur yaitu People, Process, Physical Environment.
Semua unsure-unsur ini saling mempengaruhi satu sama lain sehingga bila salah
satu tidak tepat pengorganisasiannya akan mempengaruhi strategi pemasaran
secara keseluruhan.
b) 7 P itu :
1. Product
Merupakan
bentuk penawaran yang ditujukan untuk mencapai tujuan melalui pemuasan
kebutuhan dan keinginan pelanggan. Produk disini bisa berupa apa saja (baik
yang berwujud fisik maupun tidak) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan
potensial untuk.memenuhi kebutuhan dan keinginan tertentu.
Produk
merupakan semua yang ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diperoleh dan
digunakan atau dikonsumsi untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan.
Pengembangan
suatu produk harus didasari oleh pertimbangan adanya pembagian produk sebagai
berikut :
a. Produk
Inti (Core Product).
Dalam hal
ini harus diketahui apa sebenarnya yang dibutuhkan konsumen. Setiap produk
tentu punya manfaat dan cirri-ciri tertentu. Penjual harus dapat menjual
manfaat tersebut.
b. Produk
Berwujud (Tangible Product).
Perusahaan
harus berusaha merubah produk inti menjadi produk berwujud.
c. Produk
Tambahan (Argumented Product)
Perusahaan
harus dapat menawarkan manfaat dan pelayanan tambahan.
2. Price
Harga
menggambarkan besarnya rupiah yang harus dikeluarkan seorang konsumen untuk
memperoleh satu buah produk dan hendaknya harga akan dapat terjangkau oleh
konsumen.
Bauran
harga berkenaan dengan kebijakan strategis dan taktis seperti tingkat harga,
struktur diskon, syarat pembayaran dan tingkat diskriminasi harga diantara
berbagai kelompok pelanggan.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi penetapan harga :
a. Harga
produk sejenis atau produk pengganti dari para pesaing.
b.
Kemampuan membeli dari masyarakat.
c. Jangka
waktu perputaran dana.
d.
Peraturan pemerintah.
3. Place
Merupakan
keputusan distribusi menyangkut kemudahan akses terhadap jasa bagi para
pelanggan. Tempat dimana produk tersedia dalam sejumlah saluran distribusi dan
outlet yang memungkinkan konsumen dapat dengan mudah memperoleh suatu produk.
Saluran
distribusi yang dapat dipilih :
a. Penjual
langsung
b. Agen
c.
Waralaba
4.
Promotion
Bauran
promosi meliputi berbagai metode, yaitu Iklan, Promosi Penjualan, Penjualan
Tatap Muka dan Hubungan Masyarakat. Menggambarkan berbagai macam cara yang
ditempuh perusahaan dalam rangka menjual produk ke konsumen.
5. People
Jenis
kualitas orang yang akan terlibat dalam pemberian jasa. Untuk mencapai kualitas
terbaik maka pegawai harus dilatih untuk menyadari pentingnya pekerjaan mereka,
yaitu memberikan konsumen kepuasan dalam memenuhi kebutuhannya.
Dalam hal
ini dibagi menjadi 2 aspek:
1. Service
personal: orang-orang yang melakukan produksi dan operasional dalam organisasi
jasa
2. Customer
(hubungan diantara pelanggan)à persepsi pelanggan mengenai kualitas jasa
tersebut dibentuk dan dipengaruhi oleh pelanggan lainnya.
6. Process
Elemen ini
merupakan suatu usaha perusahaan dalam menjalankan dan melaksanakan
aktivitasnya dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya.
7.
Physical Environmet
Unsur-unsur
yang termasuk dalam phsyical evidence adalah lingkungan fisik dan
fasilitas-fasilitas lainnyayang menunjang untuk menyediakan jasa tersebut yang
dapat mempengaruhi penilaian pelanggan terhadap barang dan jasa yang dihasilkan
perusahaan.
c) Menurut saya, marketing mix itu untuk
semua barang, karena marketing mix ini digunakan oleh sebuah perusahaan untuk
yang namanya promosi atau mengenalkan produk kepada konsumen dan perusahaan
dapat mendapatkan pencapaian yang di inginkan.
2. Perusahaan
yang mampu bertahan dan berkembang adalah perusahaan yang mengacu kepada
strategi orientas pasar. Orientasi pasar merupakan suatu keharusan, jadikanlah
orientasi pasar sebagai budaya pada perusahaan. Hal ini akan mengakibatkan
terciptanya : kinerja bisnis yang tinggi, nilai pelanggan yang superior,
profitabilitas jangka panjang dan keunggulan daya saing perusahaan.
Contoh dari perusahaan yang menggunakan orientasi pasar adalah carrefour.
Manfaatnya untuk produsen dalam jangka panjang adalah mencapai
kesuksesaan yang bahkan dapat membuat perusahaan lebih unggul dari perusahaan
lain, mendapatkan kepercayaan lebih dari masyarakat.
Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa
disamakan dengan uang
atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa bagi
seseorang atau kelompok pada waktu tertentu dan tempat tertentu.
Promosi
adalah suatu usaha dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang
atau pihak lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran
produk barang atau jasa yang dipasarkannya.
Barang
adalah sesuatu yang bisa ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian,
pembelian, pemakaian, atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau
kebutuhan
Pendapat
saya mengapa masalah harga dapat memberikan dorongan bagi produsen untuk
membuat barang, dan pengaruh harga bagi konsumen dalam melakukan pembelian
adalah dengan diketahuinya faktor harga mempunyai pengaruh yang dominan
terhadap perilaku konsumen dalam pembelian barang, maka hal ini mencerminkan
bahwa faktor harga merupakan faktor yang sangat menentukan dalam pembelian
suatu barang. Bertitik tolak dari dari hasil tersebut, pengusaha hendaknya
dalam menaikkan harga, harus sangat dipertimbangkan akibatnya, karena adanya
persaingan ketat antara pengusaha- pengusaha yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar